- Saat mengajar, salah satu tantangan yang dihadapi guru adalah menghadapi murid-murid yang beragam β
Selama mengajar, terkadang merasakanΒ menghadapi 25 anak yang tidak menunjukkan masalah dalam perilakunya lebih mudah daripada 1 anak yang menunjukkan masalah dalam perilakunya π΄
Kita hidup dalam dunia yang berdosa; tidak ada satu orang pun yang sempurna, termasuk kita dan para murid. Tetapi, sebagai guru, kita bertanggung jawab untuk membimbing murid menjadi pribadi yang lebih utuh π£
Keutuhan yang dimaksud adalah bertumbuh dalam semua aspek hidup, yakni intelektual, fisik, sosial, emosional, dan spiritual πͺ
Perilaku-perilaku bermasalah di atas menunjukkan adanya perkembangan yang masih kurang dalam salah satu dari 5 aspek di atas π
Penyebab permasalahan ini pun sulit kita ketahui secara pasti; harus melalui interaksi dan relasi bersama murid dan orang tua murid tersebut π₯
Oleh karena itu, selain lewat membangun relasi dengan murid dan orang tua, guru juga dapat menunjukkan usahanya melalui pengelolaan kelas yang efektif β
Saat menghadapi perilaku-perilaku di atas, tercantum juga beberapa opsi penanganan yang guru dapat coba ππ
Bagaimana biasanya Anda menangani perilaku bermasalah dari murid? ππΌ
1. Pasif
Perilaku Bermasalah
- Menghindari relasi dengan orang lain
- Takut gagal mudah menyerah
Rekomendasi Penanganan
- Mengapresiasi keberhasilan kecil
- Menahan kritik
- Lindungi dari orang atau murid yang agresif
- Menahan kritik
- Latih self-talk positif
2. Agresif
Perilaku Bermasalah
- Mengintimidasi orang lain, secara verbal atau fisik
- Melakukan instruksi atau perintah yang sebaliknya
Rekomendasi Penanganan
- Apresiasi jika ada perilaku yang benar
- Lakukan pendisiplinan jika melakukan hal yang salah
- Lakukan 2 hal diatas dengan konsisten
- Berikan tanggung jawab menolong guru atau temannya
3. Sulit Fokus
Perilaku Bermasalah
- Hiperaktif, gelisah, sering meninggalkan tempat duduk
- Susah mendengar, mengingat, dan mengatur
Rekomendasi Penanganan
- Bantu mereka membuat to-do list step by step dalam melakukan sebuah tugas
- Jika perlu, bisa dipindahkan ke area yang lebih tenang
- Berikan apresiasi terhadap keberhasilan
- Berikan tutor sebaya
4. Perfeksionis
Perilaku Bermasalah
- Terlalu fokus pada detail kecil dari proyek
- Berfokus pada hasil, bukan relasi
Rekomendasi Penanganan
- Mintalah murid untuk membuat kesalahan dengan sengaja, kemudian tunjukkan penerimaan
- Jadikan mereka tutor bagi orang lain
5. Ditolak Secara Sosial
Perilaku Bermasalah
- Mencoba untuk berteman tetapi tidak berhasil sehingga terpaksa menyendiri
- Sering diejek karena perilaku, penampilan, atau kurangnya keterampilan sosial
Rekomendasi Penanganan
- Ajarkan murid untuk menjaga jarak fisik yang sesuai dari orang lain.
- Ajarkan arti ekspresi wajah seperti marah dan terluka.
- Berikaninstruksi tentang intonasi dan volume suara yang sesuai.
- Berikan saran tentang kebersihan, pakaian, tingkah laku, dan postur.
Sumber : @ryan.oktapratama – beragam konten seputar Teknologi Pendidikan (EduTech)