Cahaya Bangsa

Hal-hal yang sering ditanyakan tentang Cahaya Bangsa

Visi kami adalah Generasi Qur’ani berwawasan global (global minded), berkarakter pemimpin (leadership), dan berjiwa wirausaha (enterpreneurship).

  1. Mewujudkan SDM yang dedikatif, profesional dan amanah
  2. Menciptakan iklim sekolah yang positif dan bersahabat
  3. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi berbahasa  Asing
  4. Menjembatani siswa dalam peningkatan prestasi akademik dan non akademik
  5. Mengoptimalkan potensi minat dan bakat siswa
  6. Mengembangkan proses pembelajaran yang memerdekakakan
  7. Membuka jaringan dan kemitraan nasional dan internasional
  8. Menciptakan tata kelola kelembagaan yang efektif dan efisien.

Kami beberapa keunggulan :

  1. Di Cahaya Bangsa anak-anak mendapatkan beragam stimulasi aktif untuk mengoptimalkan energi remajanya
  2. Anak-anak berkesempatan untuk mengeksplore ragam talenta yang dimiliki, hingga selanjutnya fokus pada talent yang paling dikuasai dan diminati
  3. Dalam ragam kegiatannya, anak-anak Cahaya Bangsa tetap dileading untuk memperhatikan prinsip ihtisaban (perhitungan dan pertimbangan internal anak), awareness (kesadaran), mindfulness (pemaknaan), accaptances (penerimaan), sehingga segala proses belajar menjadi sesuatu yang dinikmati dengan nyaman dan dorongan diri sendiri, bukan paksaan yang melelahkan.
  4. Cahaya Bangsa dikelola oleh generasi milenial dengan ragam talent kekinian, terdukungprinsip-prinsip pendidik Islam yang mengedepankan dakwah dengan hikmah wal mauizhoh hasanah, ketauladanan positif, tutur kata yang efektif dan asertif (tegas), serta kesiapan menjadi teman bercerita yang baik bagi santri
  5. Cahaya Bangsa terdaftar sebagai anggota JSIT Indonesia
  6.  

SMA IT CAHAYA BANGSA didirikan atas pertimbangan kelayakan anak-anak di Lombok dan di luar Lombok mendapatkan pendidikan berkualitas, dan memebrikan kesempatan kepada anak untuk mengenyam ragam program pendidikan berkualitas, baik nasional maupun internasional, dengan tanpa kehilangan kekuatan Islam sebagai ciri utama.

Kami menggunakan beberapa kurikulum antara lain :

  • kurikulum DIKBUD
  • kurikulum JSIT INDONESIA
  • kurikulum INTERNASIONAL CAMBRIDGE
  • kurikulum INTERNASIONAL AL AZHAR
  • kurikulum KEPEMIMPINAN  (camp, magang)
  • kurikulum ENTERPRENEURSHIP (camp, magang, wisuda)
  • kurikulum Karakter (Bina Pribadi Islami)
  • kurikulum BOARDING (Kejayaan Islam dan Shiroh)

Kami memiliki beberapa program antara lain :

  1. Pemetaan bakat minat anak sebelum penempatan ke Program Talent
  2. Malam Bina Iman Taqwa (MABIT) berbasis kepemimpinan dan wirausaha
  3. Bina Pribadi Islami untuk pembentukan mental Keislaman anak
  4. Islamic filantropy untuk mengasah kepekaan, empati, dan kepedulian sosial anak
  5. English day di sekolah
  6. Yaumul Arobi di Boarding
  7. Trip and exchange internasional
  8. Pembuatan proposal wirausaha, pendampingan, praktik mandiri, hingga ke wisuda
  9. Malam Anugrah dan apresiasi
  10. Kelas kepemimpinan
  11. Publik speaking area (menekankan kepada komunikasi efektif persuasif)
  12. Kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait
  13. Uji kompetensi dan sertifikasi beberapa program talent bersama BNSP

SMAIT CAHAYA BANGSA dikelola bersama anak-anak generasi milenial. Sekolah ini dibawah pembinaan Ust. Suryadi Jaya Purnama (SJP), dan dikepalai oleh Ust. Lalu Yulhaidir, M.Psi, Psikolog

Guru-guru SMAIT CAHAYA BANGSA adalah para sarjanan dan lulusan magisteryang berasal dari beragam Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, seperti ITB, Unram, Universita Negri Yogyakarta, Universitas Negri Malang, dll. Latar belakang pendidikan juga berbeda-beda. Guru-guru SMAIT CAHAYA BANGSA juga memiliki riwayat organisasi kampus yang fleksibel, yang telah memiliki beberapa kompetensi sesuai dengan visi sekolah. Selain itu guru-guru SMAIT CAHAYA BANGSA juga memiliki keterampilan khas yang dibutuhkan untuk pencapaian visi sekolah. Guru-guru Cahaya Bangsa adalah generasi milenial, usia 30an tahun ke bawah.

Kami melakukan proses seleksi melalui serangkaian kegiatan asesmen melalui psikotes, wawancara, penugasan, dan observasi, serta kajian dokumen pendukung jejak riwayat hidup guru, sehingga lebih memungkinkan untuk mendapatkan guru “terbaik”.

Kami sangat concern untuk melakukan pengembangan guru, karena guru adalah ujung tombak penentu arah pendidikan Cahaya Bangsa. Terdapat beragam wahana dan proses sistemik yang kami siapkan untuk prioritas kepada pendidikan dan pelatihan guru, dan semua tertera dalam program tahunan sekolah.

Ya, benar, kami menjalin kerjasama dengan Islamic Internasional Boarding School Tazkia Malang untuk program kurikulum Internasional boardingnya, kami juga bekerjasama dengan sekolah Buin Batu Sumbawa (Eks Newmont) dalam program kurikulum internasional IB Finlandia, dan bekerjasama dengan Universitas Negri Malang dalam program Cambridge Curriculum. Kami akan memilih salah satu, antara Cambridge atau IB. Saat ini masih dalam proses mempelajari kemitraan.

Kami menjalankan program di sekolah dengan mengintegrasi setiap program ke dalam bangunan aktivitas dan bangunan kurikulum Cahaya Bangsa. Ada program yang dikembangkan di sekolah melalui pembelajaran, program talent, pendampingan guru, atau belajar mandiri, ada juga yang dikembangkan melalui program boarding, dan program-program sosial eksternal lainnya (melibatkan eksternal)

Waktu beraktivitas produktif santri dipenggal menjadi empat bagian program :

  • Program KBM yang dimulai pada pukul 07.00-12.30
  • Program visi Cahaya Bangsa yang dimulai pada pukul 13.30-15.30
  • Program talent yang dimulai dari pukul 16.00-17.30
  • Program boarding dan ruhiy yang dimulai pada pukul 17.30 hingga esok hari

Ya, kami ada program khusus tahfiz buat yang memiliki talenta tahfiz. Program tahfiz kami kembangkan dalam program talent dan memfasilitasi santri yang ingin mengoptimalkan capaian hafalan alqur’annya.

Kami mengembangkan program Bahasa Inggris di sekolah, memfasilitasi santri dan guru dengan English short course di awal bulan, sebagai modal untuk berkomunikasi Inggris sehari-hari di lingkungan sekolah dan boarding. Demikian juga dengan Bahasa Arab, dilakukan hal serupa. Selanjutnya kami kuatkan melalui kegiatan berbahasa sehari-hari sesuai ketentuan yang berlaku. Seluruh santri dan guru menggunakan Bahasa Arab dan Inggris waktu dan lokasi yang telah ditetapkan, dan setiap kami mendapatkan konsekwensi atas pelanggaran kami.

Program pengembangan bahasa juga dikhususkan pada jam program visi, dengan outcome kemampuan berbahasa secara aktif dan dinamis, yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa dan skor TOEFL / IELTS untuk santri.

Cahaya Bangsa memiliki program PROGRAM TALENT. Setiap pilihan Program Talent memiliki struktur kurikulum sendiri, yang kami adaptasi dari beberapa kurikulum di perguruan tinggi, khususnya untuk program Diploma, sehingga capaian dalam Program Talent diusahakan serupa dengan capaian di program Diploma perguruan tinggi, meski tidak sama persis tentunya. Selain itu dalam Program Talent kami sedang usahakan juga untuk leaglitas formal dan pengakuan kompetensinya kami daftarkan di BSNP, sehingga anak-anak yang mengikuti program talent mendapat sertifikasi dan uji kompetensi resmi dari BNSP, dan ini dapat dijadikan modal kerja usai SMA nanti.

Adapun pilihan program talent kami sebagai berikut :  Tahfiz, CEO, enterprneurship dan oline marketing, desain grafis, film dan vlog, media sosial (blog, youtube, instagram, FB, dll), coding & programming,  islmaic humanity, teatre and art, young psychologist, jurnalistik, dan sport and act. Program Talent diharapkan dapat meningkatkan kompetensi santri pada bidang yang diminati dan dibakati. Program Talent juga ditujukan untuk meningkatkan dinamika dan kenyamanan santridalam setting boarding.